Palembang – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Bina Ilmi Palembang terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui program Content and Language Integrated Learning (CLIL). Sebagai bagian dari strategi pengembangan keterampilan professional guru, para guru CLIL mengikuti program peer teaching yang diadakan pada tanggal 23-24 Juli 2025 di setiap unit. Program ini dilaksanakan secara rutin dua kali sebulan yang dikoordinir oleh Tim Bahasa di bawah lingkup kerja Teaching and Learning Development.
Kegiatan peer teaching ini menjadi sarana penting bagi para guru untuk saling berbagi praktik terbaik dalam pengajaran, khususnya dalam konteks menyampaikan materi pembelajaran menggunakan bahasa Inggris. Setiap sesi dilaksanakan secara kolaboratif, dimulai dari simulasi mengajar oleh salah satu guru, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi umpan balik (feedback) konstruktif dari rekan sejawat serta Tim Bahasa.
“Program ini bertujuan untuk mengasah keterampilan mengajar guru, memperkuat penguasaan bahasa Inggris sebagai medium instruksional, sekaligus menumbuhkan budaya refleksi dan kolaborasi,” ujar salah satu anggota Tim Bahasa.
Program ini memberikan kesempatan kepada guru untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogik dan linguistik secara berkelanjutan. Melalui kegiatan peer teaching, guru tidak hanya berlatih secara langsung, tetapi juga mendapat masukan yang membangun dari rekan sejawat, yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan menyempurnakan teknik pengajaran. Selain itu Siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik dan efektif. Dengan guru yang semakin mahir mengintegrasikan konten dan bahasa Inggris, siswa dapat lebih mudah memahami materi sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa asing mereka dalam konteks akademik.Program ini mencerminkan budaya profesionalisme yang tinggi di lingkungan SIT Bina Ilmi. Komitmen terhadap pengembangan guru berdampak langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, yang pada akhirnya akan memperkuat citra sekolah sebagai lembaga pendidikan unggulan berbasis Islam dan internasional.
Dengan pelaksanaan yang konsisten dan dukungan penuh dari seluruh pihak, kegiatan ini diharapkan terus menjadi motor penggerak peningkatan mutu pengajaran di SIT Bina Ilmi, serta menjadi contoh praktik baik bagi sekolah-sekolah lain di Sumatera Selatan.” [Dara]



